Pages

Rabu, 21 Maret 2012

Pengenalan area kerja microsoft word

2. Menu Bar


Baris yang memuat sekumpulan menu berupa tulisan yaitu, File, Edit, View, Insert, Format,Tools, Table, Window, dan Help. Untuk memilih dan menjalankan menu bar, dapat di lakukan dengan mengklik menu yang di kehendaki dan kemudian akan menampilkan submenu yang berisi perintah-perintah.

  • Menu File
Menu File berisi perintah-perintah untuk pengerjaan berhubungan dengan dokumen atau lembar kerja seperti membuka file dokumen, menutup, menyipan, mencetak. Membuat dokumen baru, mengatur halamn percetakan, dan sebagainya.


  • Menu Edit
Secara umum, menu ini berisi perintah-perintah yang di mgunakan untuk menyalin/ mengkopi, membatalkan perintah, mencari kata atau kalimat, mengganti kata atau kalimat secara otomatis, dan lainnya.

  • Menu View
Menu View berisi perintah-perintah untuk menampilkan dan mengelola berbagai toolbar dan tampilan lainnya dalam Microsoft Word. Misalnya, di gunakan untuk menampilkan ruler, membesarkan dan mengecilkan tampian lembar kerja, menampilkan header and footer, menampilkan jendela task pane, dan lainnya.


  • Menu Insert
Menu Insert berisi perintah-perintah untuk berbagai proses penyisipan ke dalam dokumen, seperti penyisipan nomor halam, gambar, diagram, grafik, symbol dan lain sebagainya.


  • Menu Format
Menu Insert berisi perintah-perintah untuk berbagai proses pemformatan, seperti garis bawah pada huruf, menebalkan huruf, mengatur ukuran huruf, memberi border/ bingkai, memberi warna dan lain sebagainya.

  • Menu Table
Menu Table berfungsi menyediakan perintah-perintah dalam mengolah table seperti pembuatan table, penyisipan table, menghapus table, menuliskan formula/ rumus, dan lain sebagainya.

  • Menu Window
Menu Window pada Microsoft Word berfungsi mengatur tampilan berbagai dokumen yang sedang aktif, apakah akan di tampilkan secara bersamaan atau bergantian dalam sebuah layer monitor.

  • Menu Help
Menu Help di sediakan sebagai alternative lain bagi para pemakai yang ingin memperoleh bantuan secara singkat dan jelas tentang sesuatau hal yang kurang di mengerti pada saat menggunakan Microsoft Word.

Membuat berkas dalam bentuk kolom koran

Untuk membuat naskah (teks) dalam bentuk kolom koran, lakukan langkah-langkah berikut.
(1) Blok teks yang akan di bentuk kolom.
(2) Pilih menu Format ž Column.
(3) Kemudian akan muncul kotak dialog seperti ini.
(4) Pilihlah salah satu bentuk kolom.
Ø  One, mengembalikan ke 1 kolom.
Ø  Two, membuat 2 kolom.
Ø  Three, membuat 3 kolom.
Ø  Left, membuat kolom kiri lebih kecil dari pada kolom kanan.
Ø  Right, membuat kolom kanan lebih besar dari pada kolom kiri.
(5) Klik OK.





Jika panjang kolom tidak seimbang (kolom pertama penuh halaman, sedangkan kolom kedua tidak penuh), maka cara menyeimbangkannya adalah sebagai berikut.
(1) Letakan kursor di akhir kolo yang akan di seimbangkan.
(2) Klik menu Insert.
(3) Klik Break sehingga akan keluar kotak dialog Break.
(4) Klik Column break.
(5) Klik Continuous.
(6) Klik OK.

Jika naska ingin di kembalikan ke bentuk semula, lakukan langkah-langkah berikut.
(1) Blok kembali seluruh teks yang sudah di format kolom.
(2) Klik menu Format ž Column.
(3) Pilih One column sehingga teks akan kembali ke bentuk semula.
(4) Tekan sembarang anak panah untuk menghilangkan blok teks.

Cara Membuat Tabel pada Microsoft Word 2007

Membuat Tabel pada Microsoft Word 2007 Cara pertama.

Cara pertama inilah cara yang paling mudah dan sederhana, namun jumlah baris dan kolom tabel di batasi hanya sampai 10 kolom dan 8 baris. Jadi cara ini tidak berlaku jika ingin membuat baris dan kolom yang banyak.
Caranya klik menu Insert, kemudian klik tombol Table, nanti akan muncul kotak-kotak di bawahnya. Silahkan tentukan banyak kotak yang kamu inginkan, dengan cara menggeser ke  kotak tersebut, setelah digeser tinggal klik saja. Tabel pun akan tampil pada lembar kerja.
cara membuat tabel pada microsoft word 2007

Membuat Tabel pada Microsoft Word 2007 Cara kedua

Cara kedua ini berlaku jika ingin membuat tabel juga jumlah baris dan kolom yang banyak. Caranya hampri sama dengan langkah pertama, namun kotak-kotak tabelnya tidak perlu diklik, diganti dengan klik tombol Insert Table..
cara membuat tabel pada microsoft word 2007
Nanti akan muncul jendela insert table seperti gambar di bawah ini.  Number of columns untuk menentukan jumlah kolom, sedangkan number of row untuk menentukan jumlah baris.
cara membuat tabel pada microsoft word 2007

Cara mengecilkan dan membesarkan lebar kolom tabel

Untuk mengecilkan dan membesarkan lebar kolom pada table sangat mudah, yaitu dengan mengarahkan mouse pinter pada garis vertikal yang akan digeser, saat mouse pinter berubah menjadi tadi panah kanan kiri (<-||-> ) klik dan tahan mouse, kemudian geser ke arah kanan atau ke kiri sesuai dengan yang dibutuhkan
cara membuat tabel pada microsoft word 2007

Itulah sedikit penjelasan sederhana mengenai cara membuat tabel pada microsoft word 2007 dan cara mengeditnya, semoga mudah dipahami dan dapat berguna bagi kamu yang membutuhkan

Cara Membuat dan Mengatur Posisi Nomor Halaman di Word 2007


Membuat Nomor Halaman Pada Dokumen

  1. Pada Insert tab, Header & Footer, klik Page Number.
    Header Footer Group
  2. Pilih letak nomor halaman:
    • Top of Page, untuk menempatkan nomor halaman di bagian atas (header).
    • Bottom of Page, untuk menempatkan nomor halaman di bagian bawah (footer).
    • Page Margins, untuk menempatkan nomor halaman di dekat marjin halaman.
    • Current Position, untuk menempatkan nomor halaman di posisi kursor.
  3. Klik bentuk nomor halaman yang diinginkan dari galeri.
  4. Tutup header/footer dengan mengklik ganda pada area dokumen atau klik tombolClose Header and Footer.

Merubah Format Nomor Halaman

    Misalnya, merubah dari format 1,2,3 ke format i,ii,iii.
  1. Klik ganda pada header/footer tempat nomor halaman berada untuk memunculkanHeader & Footer Tools.
  2. Pada Design tab, Header & Footer, klik Page Number, dan kemudian klik Format Page Numbers.
    Page Number Format
  3. Di kotak dialog PageNumber Format, bagian Number format, klik tanda panah dan pilih gaya penomoran yang diinginkan.
  4. Klik OK.

Merubah Penomoran Halaman

  1. Klik ganda pada header/footer untuk memunculkan Header & Footer Tools.
  2. Pada Design tab, Header & Footer, klik Page Number, dan kemudian klik Format Page Numbers.
  3. Di kotak dialog PageNumber Format, bagian Page numbering, pillih:
    • Continue from previous section, untuk melanjutkan nomor halaman dari section sebelumnya.
    • Start at dan isi nomor pada kotak di sampingnya, untuk memulai penomoran dari nomor tertentu.
  4. Klik OK.

Merubah Jenis dan Ukuran Font Nomor Halaman

  1. Klik ganda pada header/footer tempat nomor halaman berada untuk memunculkanHeader & Footer Tools.
  2. Pilih/sorot nomor halaman.
  3. Pada mini toolbar yang muncul, lakukan format yang diinginkan.
    mini toolbar

Membuat Letak Nomor Halaman Yang Berbeda Di Halaman Ganjil Dan Genap

Different Odd Even Pages
Seperti contoh di atas, kita akan membuat halaman ganjil memiliki nomor halaman di sebelah kanan. Pada halaman genap, nomor halaman di sebelah kiri.
  1. Klik ganda pada header/footer tempat nomor halaman berada untuk memunculkanHeader & Footer Tools.
  2. Pada Design tab, grup Options, centang kotak Different Odd & Even Pages.
    Header Footer Option
  3. Pada halaman ganjil, buat nomor halaman di sebelah kanan.
  4. Kemudian pindah ke halaman genap, dan buat nomor halaman dengan posisi di sebelah kiri.
  5. Selanjutnya setiap kita menambah halaman baru, maka posisi nomor halaman akan mengikuti format yang telah dibuat.

Membuat Letak Nomor Halaman Pertama Yang Berbeda Pada Setiap Bab

Different First Page
Seperti contoh pada gambar, halaman pertama pada setiap bab akan berbeda posisinya dengan halaman-halaman yang lain. Biasanya untuk pengaturan seperti ini, ada yang memisahkan setiap bab dalam dokumen yang berbeda.
Tetapi dengan penggunaan section break maka kita dapat menggabungkan beberapa bab dalam dokumen yang sama.

Lebih jelasnya tentang penggunaan section break dapat dibaca di artikel ini: Gunakan Section Break untuk Mengatur Layout dan Format Dokumen di Word 2003/2007
  1. Klik ganda pada header/footer untuk memunculkan Header & Footer Tools.
  2. Pada Design tab, grup Options, centang kotak Different First Page.
  3. Pada halaman pertama, buat nomor halaman seperti contoh pada gambar.
  4. Kemudian pindah ke halaman kedua, dan beri nomor halaman di kanan atas.
  5. Selanjutnya kita akan membuat section baru untuk memisahkan antar bab.
  6. Taruh kursor di bagian yang ingin dibuat section baru (contoh pada gambar: di tulisan Chapter 2).
  7. Pada Page Layout tab, Page Setup, klik Breaks.
  8. Dalam grup Section Breaks , pilih jenis break Next Page. Sekarang lihat format nomor halaman pada section 2 akan sama dengan section 1.
  9. Selanjutnya bila kita ingin menambahkan bab baru, ikuti langkah 6-8.

Membuat Format Nomor Halaman Yang Berbeda Dalam Dokumen Yang Sama

Format Nomor Halaman Berbeda
Seperti contoh pada gambar, halaman Daftar Isi menggunakan format angka romawi (i,ii, iii, dst) sedangkan isi menggunakan angka arab (1,2,3, dst).
Pada bagian ini juga akan digunakan Section Break.
  1. Pisahkan antar bagian (Daftar Isi dan The Article) dengan section break. Pilih tipe break Next Page.
    Tip: Kita bisa membuat section break dahulu, baru kemudian mengetikkan isi dokumen. Tandai dengan judul masing-masing section.
  2. Pada Insert tab, Header & Footer, klik Page Number dan pilih Format Page Numbers.
  3. Pada bagian Number format, pilih format angka romawi. Setelah selesai klik OK.
  4. Ulangi langkah 2 dan sekarang pilih Bottom of Page untuk menyisipkan nomor halaman.
  5. Klik ganda pada footer di Section 2 (bagian The Article). Lihat contoh pada gambar.
    Page Number - Footer
  6. Selanjutnya pada grup Header & Footer, klik Page Number dan pilih Format Page Numbers.
  7. Pada Page numbering klik Start At dan ketikkan angka 1. Setelah selesai klik OK.

Menghilangkan Nomor Halaman

  1. Pada Insert tab, grup Header & Footer, klik Page Number.
  2. Pilih Remove Page Numbers.
  3. Untuk menghapus secara manual, klik header/footer dan pilih nomor halaman. Kemudian tekan tombol Delete.
  4. Catatan: Jika ada membuat different first-page atau odd and even header/footer, atau memiliki section yang tidak terhubung, maka pastikan untuk menghapus setiap nomor halaman pada tiap header/footer.

Cara mengaktifkan Microsoft Word



Microsoft Word


Memulai Microsoft Word
Start --» Program --» (Microsoft Office) --» Microsoft Word


Screen Layout atau tampilan, adalah sebuah tampilan yang ditunjukkan komputer pada saat Anda mengoperasikan program ini. Tampilannya seperti gambar dibawah ini :


Pada bagian Baris Judul, kita dapat melihat nama file yang sedang kita buka.


Menu

Di dalam menu, terdapat beberapa perintah yang dapat kita pilih dengan menyorot perintah tersebut pada baris menu.

Toolbar
Toolbar menyediakan beberapa tombol sederhana yang dipakai untuk mengakses sebuah perintah yang tertulis pada menu. Cara memakainya dengan memencet/klik pada tombol-tombol tersebut 


Toolbar Standar


Toolbar Format

Membuat Dokumen Baru

Apabila kita baru memulai mengoperasikan Microsoft Word, biasanya akan langsung ditampilkan document kosong yang siap untuk ditulisi. Namun jika komputer tidak secara otomatis langsung menyediakan document kosong tersebut, maka kita bisa menggunakan cara berikut :
1. Pada menu kita pilih File, lalu pilih New, lalu pilih lalu pilih Blank Document
2. Double Click pada Blank Document
3. Documen siap digunakan

Atau kita bisa klik tombol Blank Dokumen yang ada pada standard toolbar 


Kita juga bisa menggunakan tombol Ctrl + N


Membuka file yang sudah tersimpan

1. Klik menu File dan pilih tombol Open, maka akan tampil kotak dialog open
2. Pilih file yang akan dibuka dengan menentukan letak foldernya terlebih dahulu
3. klik pada nama file
4. klik tombol Open, maka file akan dibuka oleh microsoft word

Atau kita juga bisa menggunakan icon pada toolbar. Klik pada icon Open 


Dan kita juga bisa menggunakan Ctrl + O



Menyimpan Dokumen

Segera setelah melakukan pengetikan dokumen dilakukan penyimpanan, hal ini dilakukan untuk menghindari kehilangan dokumen. Lakukan penyimpanan sesering mungkin untuk kehilangan file akibat komputer mati mendadak.

1. Pada jendela microsoft Word, pilih menu File, klik tombol Save
2. Pada layar akan muncul kotak dialog Save File. Ketikkan nama file lalu klik Save

Kita juga bisa menggunakan tombol save yang ada dalam toolbar

 
Atau juga dengan menekan tombol Ctrl + S


Menutup File Dokumen
1.Pada jendela Microsoft Word, pilih menu File, klik tombol Close. Maka Microsoft Word akan menutup file dokumen yang aktif.
2. Atau bisa dilakukan dengan menekan tombol close pada baris menu




Mengakhiri/Menutup jendela Microsoft Word

Sebelum mengakhiri Microsoft Word pastikan bahwa file Anda telah tersimpan dengan benar.
1. Pada jendela Microsoft Word, pilih menu File, klik tombol Exit. Maka jendela Microsoft Word akan tertutup.
2. Selain dengan menggunakan menu File, untuk menutup jendela Microsoft Word kita juga bisa mengklik tombol X yang terletak pada pokok kanan atas jendela Microsoft Word.